Thursday, November 4, 2010

Merapi “Kentut Lagi”, Hujan Abu Lebih Deras

Foto diambil sekitar pukul 01.30 di kawasan Gondokusuman Jogja (setingan tanggal kamera salah)
Lagi, Gunung Merapi meletus, Jum`at (5/11/2010) dini hari. Letusan gunung yang teraktif di dunia ini dikabarkan lebih besar dari sebelumnya. Awan panas yang keluar mencapai kurang lebih 8 km. Hujan abu pun dapat di rasakan hingga Bantul, sekitar pukul 00.45 WIB. akibatnya beberapa pengungsi mengalami hangguan saluran pernapasan.

Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Gunung Merapi  yang dihubungi rekan saya menambah titik aman dari ancaman awan panas hingga radius 20 km dari sebelumnya 15 Km .

Posko-posko penampungan di kawasan Hargobinangun, Pakem pun terpaksa harus pindah agar terhindar dari amukan Merapi. Rencananya, Posko akan dipusatkan di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman.


Perasaan panik juga tidak hanya dirasakan bagi para pengungsi, bahkan masyarakat di wilayah Kota pun keluar rumah karena mendengar hujan abu yang cukup deras dari atap. masyarakat berduyun-duyun menggunakan payung untuk melihat situasi.

"Pas saya lg tidur ada suara seperti hujan dari genteng rumah saya. motor saya  juga sudah penuh dengan lumpur. saya keluar saja untuk jaga-jaga," kata Hari Kustanto, salah satu warga yang tinggal di Umbulharjo Jogja.

Dihimbau kepada Masyarakat agar menggunakan Masker atau alat pelindung kepala lainnya jika keluar rumah untuk menghindari dari Abu Vulkanik.



 

No comments:

Post a Comment

Teriakasih telah berkunjung