Sunday, September 26, 2010

Jogja Dilanda Lisus

SLEMAN-Angin Putingbeliung  (Angin kencang) menimpa Wilayah Sleman dan Sekitarnya, Sabtu (25/10) siang. Akibatnya banyak pohon tumbang, atap rumah runtuh dan saluran listrik pun sempat mati.

Angin kencang itu terjadi sekitar pukul 14.00 dari arah timur, Klaten Jawa Tengah hingga .Sleman Barat. Kejadian tersebut sempat membuat kepanikan warga terutama bagi yang rumahnya ketiban pohon.

Nyi Hery (35) warga Jl.Wahid Hasyim, Condongcatur Depok salah satunya. Ia memilih menutup toko foto kopinya karena sebagian atap rumahnya terbang diterjang lisus. “Toko saya tutup karena takut ada robohan atap rumah. Lagian listrik juga mati,” ungkapnya.

Demikian Suranto (46) warga Selokan Mataram, Condongcatur Depok mengaku belum berani masuk ke rumah karena atap rumahnya yang terbuat dari Seng runtuh, tembok rumahnya juga terkena batang pohon yang tumbang. “Belum berani masuk ah, takut terjadi sesuatu,” katanya sambil menggendong anaknya.
Sementara rumah roboh juga terjadi di Pemancingan, Papringan, Caturtunggal, Depok. Pemilik rumah, Putri mengungkapkan, kejadian tersebut sangat cepat. “begitu saya dengar pohon samping roboh saya keluar, tak lama rumah juga roboh,” katanya.
Selain rumah berbagai baliho ukuran besar dan kecil pun roboh, seperti di Jl.Adisucipto Km 6 Ambarukmo, Depok. Demikian kabel utama listrik juga banyak yang putus sehingga membuat aliran listrik padam. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa, hanya barang-barang milik warga yang rusak, yang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Di Jogja, Arus Lalulintas di Jl.Kusumannegara, Jogja mati total. Sebab sebuah pohon beringin tua tumbang dan menutupi seluruh jalan raya. Semua kendaraan pun dialihkan ke Jl.Janturan, Umbulharjo Jogja. Sedangkan yang dari arah Jogja-Solo diarahkan Jl.Batikan menuju Jl.Babakan.
Selama kurang lebih 3 jam petugas dari kantor Pemadam kenakaran Kota Jogja dibantu tim PMI dan tim SAR serta tim Tagana (Tanggap Bencana) Jogja dikerahkan untuk membersihkan jalan.
Puting Beliung yang terjadi menyebabkan banyak pohon tumbang dan tidak hanya terjadi di Jl.Kusuma, namun juga di depan Basecame PPSIM di Stadion Mandalakrida. Jalan pun ditutup sementara.
“Selani disini pohon tumbang juga terjadi di Markas PSIM dan,” Kata Staf Pemadam Kebakaran Jogja, Kuntoro disela-sela membawa patahan pohon ringin. (hmi)

No comments:

Post a Comment

Teriakasih telah berkunjung